Training of Trainers dan Sertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi)

Training of Trainers dan Sertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi)

LPG – Dalam Dunia Kerja ataupun PROFESI tentunya dibutuhkan pengakuan atas pemilik keahlian dari lembaga atau instansi yang kredible, agar mendapat pengakuan dan bisa dijadikan sumber reffrensi dalam penggunaan jasa keahlian seseorang.

Tentu dalam benak kita terdapat pertanyaan, lembaga apa saja yang dapat mengeluarkan sertifikasi keahlian atau profesi tersebut?

Baca juga: Mari Mengenal lebih Dekat, Apa itu Studi Banding dan Studi Tiru!

Yang paling umum di ketahui oleh masyarakat sekarang tentulah sebuah lembaga pemerintah yang bernama BNSP (BADAN NASIONAL SERTIFIKASI PROFESI).

Training of Trainers dan Sertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi)
Training of Trainers dan Sertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi)

Selanjutnya mungkin mempertanyakan Apa itu BNSP ?

BNSP adalah singkatan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi. BNSP merupakan badan independen nasional yang dibentuk oleh pemerintah untuk memberikan sertifikasi kompetensi kerja di Indonesia. BNSP bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

Hadirnya BNSP di Indonesia guna untuk menjadi dewan penjamin dari kualitas SDM Indonesia. Selain itu juga dibentuknya BNSP oleh pemerintah ini dalam rangka meningkatkan kapasitas daya saing nasional.

Baca juga: Mewujudkan Pokmas PKK Sebagai Motivator Terdepan Pembangunan

Apa Pentingnya Serifikasi BNSP atau Kompetensi ?

Sertifikasi kompetensi merupakan sebuah pengakuan terhadap tenaga kerja yang mempunyai keterampilan dan kemampuan yang mumpuni sesuai dengan standar kerja yang sudah ditetapkan.

Di zaman sekarang ini, sertifikasi akan menjadi salah satu hal yang menunjang untuk tetap eksis dalam pekerjaan.

Sertifikasi menjadi hal yang wajib dimiliki oleh tenaga kerja. Ini berlaku tidak hanya untuk para pekerja formal saja, namun pekerja informal pun wajib memiliki sertifikasi kompetensi ini.

Melalui sertifikasi kompetensi, para tenaga pekerja akan lebih fokus dalam bekerja dan juga diakui oleh negara atas keahlian yang dimiliki. Siapa yang tak mau bekerja sama dengan individu yang punya skill tinggi dan tersertifikasi?.

“Intinya, Sertifikasi Kompetensi sangat penting, selain mendapat pengakuan dari badan resmi independen negara, pemiliik sertifikat ini akan mudah dalam menjalin kerjasama kepada pihak lain serta meminimalisir adanya keraguan terhadap keahlian dan kemampuan kerja di sunia nyata” ungkap direktur eksekutif Lentera Praditya Ganapatih.

“Salah satu Pengalaman yang pernah saya alami terkait dengan kegunaan sertifikasi BNSP adalah ketika menjadi bagian dari penyelenggara di salah sati lingkup pemerintah Jawa Barat, Lingkup jajaran inspektorat. Salah seoarang peserta dari kegiatan itu mempertanyakan sertifikasi yang dimiliki oleh lembaga penyelenggara, spontan saya kata punya sertifikasi BNSP sembari menunujkan soft copy yang ada di hand phone” menambahkan pernyataan diatas.

Lentera Pradirya Ganapatih sebagai Salah satu penyelenggata Bimbingan Teknis, Pendidikan dan Pelatihan juga secara rutin melakukan pelatiahan atau TOT (Training of Trainer) BNSP secara berkala.

Untuk itu, jika memiliki minat dalam mengikuti sertifikasi kompetensi, dapat berkonsultasi ataupun mengunjungi website kami serta menghubungi langsung tim kami untuk mendapatkan informasi secara detaik tentang jadwal dan tempat dari pellaksanaan kegiatan tersebut.

Ikuti dan Baca Beritanya di GOOGLE BERITA atau GOOGLE NEW

You may also like...

error: Content is protected !!
× Apa yg dapat Kami Bantu?