Pelaksanaan Kegiatan Bimtek Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) Kota Makassar

Pelaksanaan Kegiatan Bimtek Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) Kota Makassar
Pelaksanaan Kegiatan Bimtek Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) Kota Makassar

BIMTEK KESBANGPOL KOTA MAKASSAR: MENINGKATKAN KUALITAS PEMANTAUAN, MONITORING POLPUM BAGI STAFF BADAN KESBANGPOL, APARAT KECAMATAN DAN KELURAHAN KOTA MAKASSAR.

LPG – Seringkali kita mendengat istilah KESBANGPOL (Kesatuan Bangsa dan Politik), sebenarnya apa sih tugas dari badan pemerintah ini ?

Berikut ringkasan dan ulasan tentang tugas dan fungsi dari KESBANGPOL yang sering kita dengar itu :

A. TUGAS

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik mempunyai tugas menyelenggarakan fungsi penunjang urusan pemerintahan bidang kesatuan bangsa dan politik.

Baca juga: Bimtek Spesial Ramadhan: Bimbingan Teknis untuk Aparatur

B. FUNGSI

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik mempunyai fungsi:

Pelaksanaan Kegiatan Bimtek Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) Kota Makassar
Pelaksanaan Kegiatan Bimtek Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) Kota Makassar
  • Penyusunan program Badan;
  • Perumusan kebijakan teknis dan pembinaan urusan bina ideologi, wawasan kebangsaan, karakter bangsa, politik dalam negeri, ketahanan ekonomi, sosial, budaya, agarna, organisasi kemasyarakatan, penanganan konflik, dan kewaspadaan nasional;
  • Pelaksanaan fasilitasi dan koordinasi penyelenggaraan urusan bina ideologi, wawasan kebangsaan, karakter bangsa, politik dalam negeri, ketahanan ekonomi, sosial, budaya, agama, organisasi kemasyarakatan, penanganan konflik, dan kewaspadaan nasional;
  • Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan kebijakan bidang bina ideologi, wawasan kebangsaan, karakter bangsa, politik dalam negeri, ketahanan ekonomi, sosial, budaya, agama, organisasi kemasyarakatan, penanganan konflik, dan kewaspadaan nasional;
  • Penyelenggaraan kegiatan kesekretariatan;
  • Penyusunan laporan pelaksanaan tugas Badan; dan
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Gubemur sesuai dengan tugas dan fungsi Badan.

Baca juga: Mewujudkan Pokmas PKK Sebagai Motivator Terdepan Pembangunan

Salah satu permasalahan bangsa adalah semakin menguatnya pemikiran sektoral, pemikiran yang terkotak-kotak sehingga cenderung mengabaikan kepentingan nasional.

Selain itu gerakan radikalisme dalam wilayah Indonesia berpotensi mngancam keamanan, ketertiban serta keutuhan NKRI.

Oleh karena itu diperlukan peningkatan kewaspadaan dini aparatur pemerintahan dan masyarakat yang mampu mendeteksi berbagai bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan pada seluruh bidang kehidupan, sehingga berbagai dimensi permasalahan berkembang dapat diantisipasi sedini mungkin dalam rangka menciptakan kondisi yang mantap demi kelancaran pembangunan nasional.

Menurut Direktorat Jendral Politik dan Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri KESBANGPOL di daerah adalah mata dan telinga pemerintah pusat dan kepala daerah untuk mencari solusi dan antisipasi masalah-masalah di daerah.

Dan Salah satu wujud dari segala hal terkait paparan diatas, maka Lembaga Lentera Praditya Ganapatih, ikut berperan serta dalam membantu memfasilitasi pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di lingkunagan KESBANGPOL KOTA MAKASSAR.

Ikuti dan Baca Beritanya di GOOGLE BERITA atau GOOGLE NEW

You may also like...

error: Content is protected !!
× Apa yg dapat Kami Bantu?