Pentingnya Pengetahuan dan Kompetensi Jurnalistik Penulisan dan Fotografi

Pentingnya Pengetahuan dan Kompetensi Jurnalistik Penulisan dan Fotografi
Pentingnya Pengetahuan dan Kompetensi Jurnalistik Penulisan dan Fotografi

PENTINGNYA PENGETAHUAN DAN KOMPETENSI JURNALISTIK PENULISAN DAN FOTOGRAFI BAGI STAF PROTOKOLER, KEHUMASAN DAN KOMUNIKASI PEMERINTAH DAERAH

LPG – Kompetensi Jurnalistik dan Fotografi dewasa ini sudah menjadi tuntutan wajib bagi setiap pelaku platform digital, baik secara individu, organisasi dan instansi yang memiliki kepentingan terhadap publikasi produk/program ataupun komunikasi publik.

Dalam Dunia Jurnalistik tentu banyak cabang keilmuan yang ada seperti,

  • Bahasa jurnalistik.
  • Pengantar ilmu komunikasi.
  • Dasar-dasar jurnalistik.
  • Psikologi komunikasi.
  • Penulisan berita.
  • Penulisan feature.
  • Jurnalistik online.
  • Manajemen media massa

Baca juga: BIMTEK KESBANGPOL KOTA MAKASSAR: Meningkatkan Kualitas Pemantauan, Monitoring POLPUM bagi Staff BADAN KESBANGPOL,

Pentingnya Pengetahuan dan Kompetensi Jurnalistik Penulisan dan Fotografi
Pentingnya Pengetahuan dan Kompetensi Jurnalistik Penulisan dan Fotografi bagi staf Protokoler, Kehumasan dan Komunikasi Pemerintah Daerah

Namun tidak harus semuanya untuk kita pelajari, apalagi untuk keperluan terntentu, cukup meyesuaikan tingkat kebutuhan dan ketersedian waktu bagi para staf pemerintah daerah yang berkaitan dengan tupoksi kerjanya.

Untuk diawal dan sebagai langkah pengenalan, Sebaiknya kami  dari team Lembaga Lentera Praditya Ganapatih, memberi rekomendasi dan fokus pada pendalaman teknik Penyajian Berita Jurnalistik dan Teknik Pengambilan Foto atau Fotografi.

Baca juga: Bimtek Spesial Ramadhan: Bimbingan Teknis untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan Bahasan Materi tentang Kepegawaian.

Meski peruntukan dari pembelajaran ini ditujukan untuk staf administrasi yang terkait dengan protokoler dan kehumasan, namun juga bermanfaat bagi para penyuluh, dimana mereka bisa memahami konsep penulisan secara efektif, yang mana akan memudahkan bentuk pelaporan program kepada media ataupun publik.

Selain memberi peningkatan terhadap kulitas dalam bentuk penulisan, tentu secara otomatis dapat memberikan pula peningkatan kemampuan pengelolaan di bidang komunikasi.

Sekilas, terkait dengan bentuk atau jenis penulisan adalah hal yang sepele dan jarang diperhatikan, namun untuk ranah organisasi publik dan pemerintahan, harus dikedepankan mutu dan kualitas atas segala informasi yang bersifat komsumsi publik.

Selanjutnya, setelah mengasah keterampilan di bidang penulisan, masuk pada padanan atau pasangan dari sebuah tulisan adalah dokumentasi fotografi.

Dengan adanya publikasi dari kegiatan yang telah didokumentasikan dapat meningkatkan citra positif instansi serta dokumentasi dapat pula digunakan sebagai bahan pelaporan dan bukti otentik atas sebuah kegiatan, sehingga setiap instansi harus bias membuat dokumentasi kegiatan berbentuk foto dan video yang baik.

Dalam membuat dokumentasi yang baik ini diperlukan pemahaman yang tepat atas kegiatan tersebut.  Sehingga momentum penting yang terjadi dapat tersampaikan secara utuh melalui gambar atau video.

Baca juga: Tim Kartografi Lentera Praditya Ganapatih Rapat dan Presentasi bersama Dirjen Bina Pemdes Kemendagri, tentang Penetapan Dan  Penegasan Batas Desa Secara Kartometrik.

Dalam rangka menunjang kelancaran tugas dan kinerja diperlukan produk fotogtafi dan videografi yang modern dan elegan sebagai bentuk profesionalitas dan akuntabilitas didalam merekam suatu moment/kejadian yang dirangkum dalam sebuah sajian gambar dan suara yang dapat kita nikmati dikemudian hari.

Demikian secara ringkas gambaran tentang “Pentingnya Pengetahuan dan Kompetensi Jurnalistik Penulisan dan Fotografi bagi staf Protokoler, Kehumasan dan Komunikasi Pemerintah Daerah”.

Dalam Hal ini, Lembaga Lentera Praditya Ganapatih juga berperan serta dalam melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis berupa pendampingan dan fasilitasi atas penyelenggaraan  kegiatan serupa kepada seluruh aparatur pemerintah daerah.

Untuk para calon peserta dan peminat dari kegiatan ini, bisa langsunng menghubungi team kami dari LENTERA PRADITYA GANAPATIH melalui HP/WA dengan nomor : 081253675511 atau 08111877675, melalui E-Mail: lenterapusat@gmail.comlentera@lpg.or.id  serta dapat juga mengunjungi laman website kami https://lpg.or.id/ .

Ikuti dan Baca Beritanya diGOOGLE BERITAatau GOOGLE NEW

You may also like...

error: Content is protected !!
× Apa yg dapat Kami Bantu?