Peningkatan Kapasitas TP PKK Wita Ponda dan Bumi Raya Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah

Peningkatan-Kapasitas-TP-PKK-Wita-Ponda-dan-Bumi-Raya-Kabupaten-Morowali-Provinsi-Sulawesi-Tengah
Peningkatan-Kapasitas-TP-PKK-Wita-Ponda-dan-Bumi-Raya-Kabupaten-Morowali-Provinsi-Sulawesi-Tengah

“Terima Kasih kepada Ketua dan Anggota TP. PKK  WITA PONDA dan BUMI RAYA Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengahyang telah mempercayakan pelaksanaan Kegiatannya kepada Lembaga Lentera Praditya Ganapatih”

Lentera Praditya Ganapatih Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP.PKK) adalah mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan, yang berfungsi sebagai fasilisator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing-masing jenjang untuk terlaksananya program PKK.

TUGAS DAN FUNGSI TIM PENGGERAK PKK

1.TUGAS

Merencanakan, melaksanakan dan membina pelaksanaan program-program kerja TP PKK, sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat.

Menghimpun, menggerakkan dan membina potensi masyarakat, khususnya keluarga untuk terlaksananya program-program TP PKK.

Memberikan bimbingan, motivasi dan memfasilitasi TP PKK/Kelompok-kelompok PKK di bawahnya.

Menyampaikan laporan tentang pelaksanaan tugas kepada Ketua Pembina TP PKK setempat dan Kepada Ketua Umum/Ketua TP PKK setingkat di atasnya.

Mengadakan supervise, monitoring, evaluasi dan pelaporan (SMEP), terhadap pelaksanaan program-program TP PKK.

Baca juga: TOT (Training of Trainer) Pendamping Desa dengan Sertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) 2023

Peningkatan-Kapasitas-TP-PKK-Wita-Ponda-dan-Bumi-Raya-Kabupaten-Morowali-Provinsi-Sulawesi-Tengah
Peningkatan-Kapasitas-TP-PKK-Wita-Ponda-dan-Bumi-Raya-Kabupaten-Morowali-Provinsi-Sulawesi-Tengah

2. FUNGSI

Penyuluh, motivator, dan penggerak masyarakat agar mau dan mampu melaksanakan program TP PKK.

Fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali, Pembina, dan pembimbing TP PKK.

Baca juga: Bimtek Public Speaking dan Teknik Komunikasi yang Efektif 2023

RINCIAN TUGAS DAN FUNGSI TP PKK KABUPATEN

  • Menyusun rencana kerja sebagai penjabaran hasil Rakernas VIII PKK dan Rakerda sesuai dengan 10 Program Pokok PKK.
  • Menginformasikan, mengkomunikasikan, dan mengkonsultasikan Rencana Kerja TP PKK Kabupaten/Kota kepada Bupati/Walikota melalui SKPD yang membidangi urusan Pembinaan Pemerintah Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten/Kota selaku Pembina TP PKK, agar Rencana Kerja TP PKK Kabupaten/Kota menjadi bagian tidak terpisahkan dari Dokumen Perencanaan Pembangunan pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.
  • Memberikan petunjuk, bimbingan, pembinaan dalam pelaksanaan program-program PKK kepada TP PKK Kecamatan.
  • Melakukan supervise, monitoring, evaluasi, dan bimbingan, serta memberikan tanggapan/umpan balik kepada TP PKK Kecamatan dalam pelaksanaan program.
  • Melaksanakan tertib administrasi sesuai dengan ketentuan.
  • Melaksanakan upaya-upaya peningkatan mutu pengelolaan Gerakan PKK dan Kinerja TP PKK.
  • Menerima, mengolah dan mengirimkan Laporan Tahunan dan Laporan Khusus kepada Ketua Pembina TP PKK Kabupaten/Kota setempat dan Ketua TP PKK Provinsi.
  • Mengadakan konsultasi dengan Ketua dan Anggota Pembina TP PKK Kabupaten/Kota.
  • Mengadakan kerjasama dengan mitra kerja dan instansi terkait, Lembaga Kemasyarakatan, lembaga donor dari dalam dan luar negeri, LSM, dunia usaha, sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan dengan prinsip kemitraan, kesejajaran dan atau kesetaraan, serta saling menguntungkan.

Sehubungan dengan Tugas dan Fungsi Tim Penggerak PKK seperti tersebut diatas, maka TP. PKK Wita Ponda dan Bumi Raya Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah Melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis dengan mengusung Tema “PENINGKATAN KAPASITAS PENGURUS TP PKK YANG MANDIRI, KREATIF SERTA BERWIBAWA DALAM MENDUKUNG PROGRAM PEMBANGUNAN, PELAYANAN DAN SOSIAL KEMASYARAKATAN DI KECAMATAN BUMI RAYA”  yang dilaksanakan di Hotel Tamarin, Hotel Tamarin, Jl. KH. Wahid Hasyim No. 77 RT.1/RW.4, Gondangdia, Jakarta pada tanggal 25-28 Januari 2023.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, TP. PKK Wita Ponda dan Bumi Raya Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah, Mempercayakan pelaksanaan kegiatan Bimteknya kepada Lembaga LENTERA PRADITYA GANAPATIH.

Adapun Materi Pembelajaran yang disuguhkan saat pelaksanaan Bimtek tersebut meliputi, TEKNIK RETORIKA/MANAJEMEN PIMPINAN RAPAT DAN TEKNIK PENYUSUNAN PIDATO DAN SAMBUTAN yang disampaikan langsung oleh Narasumber Profesional dan berkompeten dibidangnya.

Selanjutnya, materi lain adalah tentang TEKNIK MAKE UP DASAR/MINIMALIS DAN PRAKTEK dan sebagai Materi Penutup dari Kegiatan tersebut adalah tentang ETIKA DAN TATA CARA BERBUSANA serta PRAKTEK.

Kami dari Management Lembaga Lentera Praditya Ganapatih, sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi setinggi tingginya kepada para peserta Bimtek, khususnya Ketua TP PKK dan anggotanya yang telah memberikan kepercayaan besar kepada kami sebagai penyelenggara dari kegiatan ini.

Baca juga: Bimbingan Teknis/Diklat Perempuan Terbaru Tahun 2023

Besar harapan kami, seluruh rangkaian paparan materi yang di ajarkan oleh para narasumber Profesional, dapat memberikan tambahan ilmu dan wawasan dalam mengembangkan kapasitas dan memajukan organisasi PKK setelah mereka kembali ke daerahnya masing-masing. Dan tatkala pentingnya adalah, Kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai disini, tetapi bisa menjadi kegiatan yang berkesinambungan.

Sekali lagi, Terima kasih sebesar besarnya kepada TP. PKK WITA PONDA DAN BUMI RAYA KABUPATEN MOROWALI PROVINSI SULAWESI TENGAH yang telah menggunakan Lembaga kami.

Sekiranya, ada hal yang tidak berkenan, baik disengaja ataupun tidak, kami atas nama managemen memohon maaf sebesar besarnya atas khilaf tersebut. Dan jika ada Masukan dan koreksi terhadap layanan jasa dari Lembaga kami, kami dapat menjadikannya sebagai bahan evaluasi untuk menjadi lebih baik kedepannya.

Bisa Baca Beritanya dan ikuti di GOOGLE NEWS/GOOGLE BERITA

You may also like...

error: Content is protected !!
× Apa yg dapat Kami Bantu?