Studi Tiru Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah di Desa Wisata Alamendah Jawa Barat

Studi Tiru Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah di Desa Wisata Alamendah Jawa Barat
Studi Tiru Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah di Desa Wisata Alamendah Jawa Barat

LPG – Untuk meningkatkan mutu dan memanfaatkan potensi desa serta memperbaiki sistem yang ada di desa dilakukan studi tiru atau lebih dikenal dengan studi banding. Studi tiru ini merupakan hal umum yang dilakukan antar komunitas atau instansi dengan tujuan untuk meniru dan mempelajari keberhasilan dan prestasi yang diraih serta ilmu yang didapat di tempat yang dikunjungi.

Kegiatan studi tiru atau studi banding antar desa biasanya diisi dengan kegiatan yang merupakan inovasi dari desa yang dikunjungi. Desa wisata sendiri merupakan salah satu wadah dalam meningkatkan potensi suatu desa dan pentingnya masyarakat sebagai pelaku di suatu daerah atau desa.

Studi Tiru Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah di Desa Wisata Alamendah Jawa Barat

Baca juga: Pentingnya Studi Tiru sebagai Pembanding paling Efektif dalam Menentukan Sasaran Kinerja

Konsep pengembangan desa wisata adalah menjadikan desa sebagai sebuah destinasi pariwisata. Dengan cara memadukan daya tarik wisata alam dan budaya, dan layanan fasilitas umum pariwisata, serta aksesibilitas yang memadai, dengan tata cara dan tradisi kehidupan masyarakat desa.

Sejalan dengan hal terebut diatas, Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali Sulawesi tengah melaksanakan Kegaiatan Studi Tiru ataupun Studi Banding dengan mengunjungi salah satu Desa Wisata yang telah memiki reputasi nasional, yakni Desa Wisata Alamendah yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Baca juga: Mari Mengenal lebih Dekat, Apa itu Studi Banding dan Studi Tiru!

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 14 sampai dengan 17 Juni 2023, dimana dalam kunjungan tersebut, lebih banyak menitik beratkan kepada edukasi pertanian dan perternakan serta cara pengelolaan Desa Wisata menjadi Desa Tujuan Pariwisata.

Dalam Kegiatan ini juga disampaikan beberapa materi terkait keberhasilan pengelolaan Desa Wisata Alamendah oleh Kepala Desa Alamendah dan Pengelola Desa Wisata Alamendah melalui forum formal dan   Sesi diskusi yang sangat interaktif yang dikuti oleh seluruh rombongan dari aparatur desa Morowali.

Tidak hanya itu, seluruh peserta diajak berkunjung untuk melihat secara langsung Penangkaran Rusa Ranca Upas. Ranca Upas terletak di daerah pegunungan sekitar 50 km dari pusat Kota Bandung. Tempat ini berada di dataran tinggi Ciwidey dengan ketinggian sekitar 1.700 mdpl.

Semoga hasil dari kegiatan ini, tidak sebatas berkunjung, akan tetapi betul betul dijadikan sarana untuk meniru segala keberhasilan Desa Wisata Alamendah yang selama ini telah mereka raih. Dan seluruh ilmu yang telah didapatkan, dapat berguna untuk masing masing daerah untuk dijadikan sebagai bekal dalam membangun dan memajukan desanya.

Baca juga: Bimtek Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur Desa Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah

Terima Kasih Sebesar besarnya kepada Kepala Desa dan Pengelola Alamendah serta Pemerintah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang telah menerima Rombongan Aparatur Desa Morowali Sulawesi Tengah untuk berbagi atas ilmu dan pencapaian Desa Wiata Alamendah.

Tak lupa juga kami Sampaikan kepada Seluruh Aparatur Pemerintah Desa Morowali Sulawesi tengah yang telah menunjuk LENTERA PRADITYA GANAPATIH sebagai Fasilitaor dalam pelaksanaan Kegiatan Studi tiru ini. Mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan. Dan harapan kami selaku menajemen LENTERA PRADITYA GANAPATIH, Kegiatan ini tidak berhenti sampai disini, akan tetapi bisa menjadi agenda terprogram dan berkelanjutan di masa depan.

TETAP SEMANGAT DAN JAYA SELALU APARATUR DESA KABUPATEN MOROWALI  PROVINSI SULAWESI TENGAH ….

You may also like...

error: Content is protected !!
× Apa yg dapat Kami Bantu?