Melaksanakan Bimtek Online untuk segala tema dan materi bagi instansi dan Aparatur Pemerintah Daerah di Seluruh Indonesia

Lentera Praditya Ganapatih – seringkali kita mendengar istilah bimtek online, terlebih saat era pandemi covid melanda negeri ini. Namun pada dasarnya, bimtek online dengan metode pembelajaran secara daring (dalam jaringan) dapat memberikan manfaat yang sangat signifikan bagi peserta dengan waktu dan budget terbatas.

Baca juga: Bimtek Online Tata Usaha Sekolah: Staf dan Kepala Tenaga Administrasi (KTAS) Sekolah/Madrasah

Alasan memilih Bimtek Online ?

Ada beberapa alasan yang kami rangkum, mengapa beberpa calon peserta atau instansi maupun perusahaan lebih memilih melaksanakan kegiatan secara daring atau online, disebabkab oleh beberap faktor, diantaranya adalah :

  1. Memiliki anggaran terbatas untuk pelaksanaan kegiatan bimtek itu sendiri
  2. Tidak Memiliki Waktu panjang untuk  berkegiatan secara offline
  3. Tempat pelaksanaan kegiatan terlalu jauh jaraknya dari wilayah peserta
  4. Enggan meninggalkan daerah peserta, dimana mereka berdomisili

Itulah 4 Alasan yang sering dijadikan dasar ataun alasan oleh para peserta yang memilih alternative pembelajaran secara Daring atau online.

Baca juga: Bimtek Table Manner: Tata Cara dan Etika Pelayanan Tamu dan Pimpinan pada Lingkup Kabupaten Morowali

Apa saja Kekurangan Bimtek Online ?

Dalam pelaksanaan Bimtek Online, tentu memiliki berbagai kekurangan, diantaranaya adalah :

  1. Durasi atau Waktu pembelajaran yang sangat terbatas, karena paling ideal dalam melaksanakan pembelajaran Daring atau Online, maksimal antara 2,5 jam – 3 Jam Pembelajaran.
  2. Interaksi degan Narasumber dan Peserta lain, secara psikologis sangat berbeda dengan pembelajaran offline atau klasikal.
  3. Gangguan Jaringan Internet dapat menjadi masalah utama, jika tidak dipersiapkan sejak dari Awal.
  4. Noise atau kebisingan saat berlangsungnya pembelajaran, dapat diakibatkan karena pemilihan tempat yang tidak layak dalam melaksanakan kegiatan secara online.
  5. Aplikasi yang digunakan saat pelaksanaan meeting, seperti Zoom, Google ataupun lainnya dapat juga menjadi penyebab terganggunya pelaksanaan kegiatan akibat terjadi Error, Update maupun Maintenance dari pihak vendor.
  6. Terjadi Gangguan pada audio visual pada pernagkat yang digunakan.

Demikan 6 diantaranya kekurangan yang sering kami jumpai atau kendala yang sering terjadi saat melaksanakan pembelajaran secara online.

Apa saja Keuntungan Bimtek Online ?

Selain terdapat kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran secara online, juga terdapat berbagai macam keuntungan, diantaranya adalah :

  1. Menghemat penggunaan Anggaran Kegiatan
  2. Tidak perlu pergi jauh ketempat pelaksanaan Kegiatan
  3. Menghemat penggunaan Waktu
  4. Dapat dilaksanakan setiap saat
  5. Mudah dalam melakukan perencanaan Kegiatan

Baca juga: Terima Kasih Kepada TP. PKK  Kecamatan Bohodopi dan Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali

Inilah 5 Keuntungan dalam melaksanakan pembelajaran secara online yang sering kami temui dalam meyelenggarakan kegiatan ini.

Selanjutnya, kami dari LENTERA PRADITYA GANAPATIH (LPG) atau pihak penyelenggara kegiatan, akan sepenuhnya memberikan pilihan kepada calon peserta, apakah akan melaksanakan pembelajaran secara online atau offline. Dan tak lupa kami sampaikan, bahwa terdapat metode lain yang dapat menjadi alternative, yakni metode In House Training, dimana tim kami akan mendatangi lokasi atau tempat dimana calon eserta berdomisili.

Dan untuk melakukan konsultasi sebelum melaksanakan kegiatan, bisa menghubungi nomor Admin kami, HP/WA : 0812 5367 5511.

You may also like...

error: Content is protected !!
× Apa yg dapat Kami Bantu?