Bimtek Terbaru Bimtek Implementasi Kurikulum Terbaru: Wujudkan Pembelajaran Mendalam Sesuai Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025

Bimtek Implementasi Kurikulum Terbaru: Wujudkan Pembelajaran Mendalam Sesuai Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025

Bimtek Implementasi Kurikulum Terbaru: Wujudkan Pembelajaran Mendalam Sesuai Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025 post thumbnail image
5
Bimtek Deep Learning

Lentera Praditya Ganapatih – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus berupaya menghadirkan terobosan di bidang pendidikan. Salah satunya adalah dengan diterbitkannya Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025 tentang Kurikulum Terbaru yang menekankan pada pembelajaran mendalam (deep learning).

Sebagai tindak lanjut, digelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum Terbaru yang diperuntukkan bagi guru, kepala sekolah, pengawas, dan tenaga kependidikan. Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman komprehensif mengenai konsep, strategi, serta praktik nyata penerapan kurikulum baru di sekolah.

Tujuan Kegiatan

Bimtek ini diselenggarakan dengan tujuan:

  • Memberikan pemahaman menyeluruh tentang konsep kurikulum terbaru sesuai regulasi.
  • Melatih pendidik untuk mengembangkan pembelajaran berbasis kompetensi yang menekankan keterampilan berpikir kritis, kolaboratif, dan kreatif.
  • Membekali guru dengan strategi pembelajaran yang mendorong siswa memahami materi secara mendalam, bukan sekadar hafalan.
  • Menyiapkan sekolah dalam mengadopsi kurikulum terbaru secara bertahap dan sistematis.

Baca juga: Bimtek Piloting MPP Digital Versi Terbaru: Percepat Transformasi Pelayanan Publik di Daerah

Bimtek Implementasi Kurikulum Terbaru Wujudkan Pembelajaran Mendalam Sesuai Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025
Bimtek Implementasi Kurikulum Terbaru Wujudkan Pembelajaran Mendalam Sesuai Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025

Baca juga: Optimalisasi Layanan Kesehatan: Bimbingan Teknis Sistem Informasi Kesehatan RSUD dan Puskesmas

Materi yang Akan Dipelajari

Peserta akan mempelajari sejumlah materi penting yang dirancang sesuai dengan kebutuhan implementasi kurikulum terbaru, antara lain:

  1. Pemahaman Regulasi Permendikdasmen No. 13 Tahun 2025
    • Filosofi dan tujuan kurikulum baru.
    • Prinsip pembelajaran mendalam dalam kurikulum.
  2. Desain dan Struktur Kurikulum Terbaru
    • Integrasi mata pelajaran dengan kompetensi abad 21.
    • Peran asesmen formatif dan sumatif dalam pembelajaran.
  3. Strategi Pembelajaran Mendalam (Deep Learning)
    • Metode project-based learning, problem-based learning, dan inquiry learning.
    • Teknik fasilitasi pembelajaran kolaboratif di kelas.
  4. Pengembangan Modul Ajar dan Bahan Ajar Kontekstual
    • Penyusunan modul ajar yang selaras dengan capaian pembelajaran.
    • Pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran.
  5. Asesmen Otentik dan Penilaian Kompetensi
    • Teknik asesmen berbasis kinerja dan portofolio.
    • Mendorong keterampilan berpikir kritis dan reflektif siswa.
  6. Implementasi Kurikulum di Sekolah
    • Tahapan penerapan kurikulum baru secara bertahap.
    • Best practice sekolah perintis implementasi kurikulum.

Baca juga: Bimtek Marketing dan Branding Produk UMKM dan IKM: Strategi Tingkatkan Daya Saing di Era Digital

Narasumber Kegiatan

Kegiatan ini menghadirkan narasumber berkompeten dari berbagai bidang, di antaranya:

  • Pejabat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Dikdasmen) Kemendikbudristek – menjelaskan regulasi dan arah kebijakan kurikulum.
  • Tim Penyusun Kurikulum Nasional – memberikan pemahaman teknis desain dan struktur kurikulum terbaru.
  • Praktisi Pendidikan & Kepala Sekolah Perintis Kurikulum – berbagi pengalaman implementasi pembelajaran mendalam.
  • Akademisi/Pakar Pendidikan – menyampaikan teori dan praktik pembelajaran berbasis kompetensi dan asesmen otentik.
  • Instruktur Nasional Bimtek Kurikulum – memandu praktik penyusunan modul ajar dan asesmen di kelas.

Baca juga: Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran: Bekal Penting untuk Aparatur Pemerintah

Harapan Kegiatan

Melalui Bimtek ini, para pendidik diharapkan mampu:

  • Memahami arah kebijakan kurikulum terbaru secara utuh.
  • Menerapkan strategi pembelajaran mendalam di kelas sesuai kebutuhan siswa.
  • Menyusun modul ajar kreatif dan inovatif yang sesuai dengan karakteristik peserta didik.
  • Mendorong terciptanya ekosistem pendidikan yang adaptif terhadap perubahan zaman dan tantangan global.

Dengan implementasi kurikulum terbaru yang menekankan pembelajaran mendalam, diharapkan kualitas pendidikan Indonesia semakin meningkat dan mampu melahirkan generasi unggul, berkarakter, serta siap menghadapi era kompetisi global.

Related Post

Bimtek Piloting MPP Digital Versi Terbaru: Percepat Transformasi Pelayanan Publik di Daerah

Bimtek Piloting MPP Digital Versi Terbaru: Percepat Transformasi Pelayanan Publik di DaerahBimtek Piloting MPP Digital Versi Terbaru: Percepat Transformasi Pelayanan Publik di Daerah

Lentera Praditya Ganapatih – Pemerintah terus berkomitmen menghadirkan pelayanan publik yang lebih cepat, mudah, transparan, dan dekat dengan masyarakat. Salah satu langkah strategis yang saat ini ditempuh adalah melalui penerapan Mal Pelayanan

Bimtek Pelaporan BOSP dan ARKAS Wajib bagi Sekolah untuk Pengelolaan Dana yang Transparan dan Akuntabel

Bimtek Pelaporan BOSP dan ARKAS: Wajib bagi Sekolah untuk Pengelolaan Dana yang Transparan dan AkuntabelBimtek Pelaporan BOSP dan ARKAS: Wajib bagi Sekolah untuk Pengelolaan Dana yang Transparan dan Akuntabel

Lentera Praditya Ganapatih – Pelaporan keuangan yang tepat, transparan, dan akuntabel adalah kunci keberhasilan pengelolaan dana pendidikan. Sejak diberlakukannya skema Bantuan Operasional Satuan Pendidikan (BOSP) oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset,

Dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) hingga ke tingkat akar r

Meningkatkan Kinerja Pemerintahan Melalui Bimbingan Teknis “Peningkatan Kapasitas Aparatur Kecamatan”Meningkatkan Kinerja Pemerintahan Melalui Bimbingan Teknis “Peningkatan Kapasitas Aparatur Kecamatan”

Lentera Praditya Ganapatih – Dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) hingga ke tingkat akar rumput, keberadaan kecamatan sebagai ujung tombak pelayanan publik memiliki peran strategis. Kecamatan