Profile

INTRODUCTION

Lentera Pradirya Ganapatih (LPG) merupakan Lembaga yang memiliki konsenterasi terhadap pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia melalui berbagai kegiatan, antara lain Bimbingan Teknis (BIMTEK), Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT), Seminar, Lokarkaya, Study Banding dan sebagainya.

Eksistensi pengembangan pembangunan diperlukan lembaga pemerintah dan lembaga non pemerintah yang dapat memberikan orientasi pengembangan pembangunan nasional agar tercipta SDM yang handal, cerdas dan mandiri untuk turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kehadiran Lentera Praditya Ganapatih (LPG) sebagai upaya dalam berkontribusi dan membantu menjawab kebutuhan Bangsa Indonesia tentang perlunya lembaga yang bisa menghasilkan konsep pembangunan yang mendorong kemajuan, kesejahteraan dan pemerataan pembangunan dan kemakmuran.

Melihat kondisi objektif dan kondisi subjektif tersebut kami terpanggil untuk ikut berpartisipasi dengan melakukan rangkaian aktivitas yang nantinya di harapkan mampu memberikan beberapa alternatif penyelesaian masalah bagi bangsa ini. Di tingkat global LENTERA PRADITYA GANAPATIH (LPG) di harapkan juga bisa memberikan kontribusi pemikiran dan kegiatan untuk membantu mengatasi ketimpangan bangsa baik yang memiliki dimensi ekonomi, politik, sosial budaya, sains, dan sumber daya manusia, sehingga mendorong tata kelola nasional baru yang aman dan berkeadilan.

Oleh karena itu kami mendirikan Lembaga Lentera Praditya Ganapatih untuk selanjutnya di singkat LPG sebagai suatu Lembaga Swadaya Masyarakat memiliki misi bagaimana membantu mengevaluasi secara kritis terhadap persoalan yang melanda di masyarakat maupun negara. Dengan tumbuhnya sikap kritis masyarakat akan mendorong masyarakat yang partisipatoris. Dengan sumber daya yang dimilikinya LPG berusaha menghasilkan wacana yang konstruktif bagi publik dan kalangan decision makers, sehingga mengindentifikasi persoalan secara proporsional dan bisa di jadikan landasan pemecahan masalah.

Lembaga Lentera Praditya Ganapatih (LPG) mempunyai program – program yang bertujuan untuk ikut melaksanakan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Negara Lembaga non pemerintah berfungsi mensosialisasikan sistem Pembangunan dan Hukum atas sejumlah bentuk Perundang-undangan dan Peraturan-peraturan yang ditujukan kepada seluruh elemen masyarakat bangsa indonesia.

COMPANY HISTORY

Waktu :
LENTERA PRADITYA GANAPATIH (LPG) memulai kegiatan semenjak setelah tanggal penandatanganan akte ini 28 Maret 2019 dan didirikan untuk jangka waktu yang tidak ditentukan lamanya.

Asaz :
LENTERA PRADITYA GANAPATIH (LPG) ini berasaskan Pancasila dan Undang-undang Dasar Seribu Sembilan Ratus Empat Puluh Lima (UUD 1945).
Lembaga ini berpedoman pada peraturan perundang undangan yang berlaku dan di keluarkan oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga.

LPG ini bersifat independent dan terbuka, sebagai lembaga pendamping pemerintah dan non pemerintah yang profesional dan dinamis sebagai mitra kerja pemerintah pusat, daerah dan swasta terbuka bagi seluruh warga negara Republik Indonesia.


Maksud dan Tujuan :
• Membangun wadah berhimpun para pemerhati dan peminat masalah- masalah pembangunan kajian strategis. Mengembangkan kemajuan pengetahuan dengan menyediakan forum bagi intelektual exercise.

• Membantu mempercepat proses pelembagaan demokrasi politik dan reformasi ekonomi.

• Menghasilkan wacana kritis terhadap persoalan-persoalan ekonomi, politik, penegakan Hukun dan Hak Azasi Manusia di masyarakat. Dalam skala luas bisa memperkaya alternatif pengambilan keputusan di tingkat supstruktur (publik policy) dan organisasi sosial-politik.

• Memperjuangkan penegakan etika publik untuk mendorong lahirnya pemerintah yang baik (good government), menentang korupsi dan memperjuangkan tata pemerintahan.

Usaha – Usaha :
Dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi yang menjadi maksud dan tujuan Lembaga Lentera Praditya Ganapatih (LPG) maka disusun Program kerja dan kegiatan sebagai berikut :
Menyediakan forum bagi penyelenggara Pemerintah Daerah sebagai media peningkatan Sumber Daya Manusia, dengan melakukan kegiatan-kegiatan seperti dibawah ini;

a. Workshop Tematik Bidang Perencanaan dan Penganggaran Daerah.

b. Bimbingan Teknis Perencanaan Desa.

c. Pendampingan Penyusunan Dokumen-dokumen Perencanaan Desa

Peningkatan potensi Sumber Manusia menuju efesiensi dan efektitifitas :

a. Studi Penelitian Potensi Sumber Daya dalam Produk Unggulan Daerah.
b. Sosialisasi produk potensi Sumber Daya Alam Daerah Penunjang Ekonomi Kerakyatan.

c. Workshop Peningkatan Sumber daya manusia dalam Pengelolaan Keuangan Desa.

d. Bimbingan Teknis & Pelatihan Manajemen serta Promosi Investasi Daerah

Peningkatan kualitas SDM Up Grade Personality Etika, performance kajian dan informasi publik kajian ilmiah merupakan salah satu andalan program LPG. Studi yang dilakukan bisa persoalan yang up-todate dan mutahir, ataupun materi yang bersifat agenda strategis. Bentuk kajian ilmiahnya meliputi seminar, diskusi dialog dan lokakarya atau workshop. Pelatihan & Pendidikan dalam upaya mentransformasikan nilai-nilai ilmu pengetahuan dan resolusi konflik. LPG menyelenggarakan rangkaian pendidikan pelatihan, civil education, voters education, peningkatan skill ekonomi dan jenis-jenis pelatihan lain yang mendorong pemberdayaan masyarakat.

Layanan Lentera Praditya Ganapatih:
• BIMBINGAN TEKNIS
• PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
• IN HOUSE TRAINING
• WORKSHOP
• PENGADAAN BARANG DAN JASA
• OUT BOUND
• STUDY BANDING
• STUDI TIRU
• KARTOGRAFI

error: Content is protected !!
× Apa yg dapat Kami Bantu?