Bimtek Digitalisasi Desa Aparatur Desa dan Kelurahan Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara

Bimtek Digitalisasi Desa Aparatur Desa dan Kelurahan Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara
Bimtek Digitalisasi Desa Aparatur Desa dan Kelurahan Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara

Terima Kasih kepada Bupati Kabupaten Halmahera Selatan, Bapak H. Usman Sidik, SH., MH, Kepala Dinas DPMDP3A, Bapak Faris Hi Madan, Inpspektur Inspektorat Halmahera Selatan, Bapak Asbur Somadayo serta  Ketua APDESI Kebupaten Halmahera Selatan, Bapak Iswadi Ishak

LPG – Untuk menghasilkan informasi pembangunan yang lebih akurat dan dapat juga digunakan sebagai salah satu faktor pembuatan kebijakan Pemerintah. Pemerintah Pusat merancang program satu data Indonesia. Seperti yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo pada Sidang Tahunan MPR bersama DPR dan DPD pada tanggal 16 Agustus 2021, Presiden menyampaikan dalam mengambil keputusan, Pemerintah harus terus merujuk kepada data serta kepada ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru.

Baca juga: Studi Tiru Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah di Desa Wisata Alamendah Jawa Barat

Oleh sebab itu, untuk mendukung Program Satu Data Indonesia di Kabupaaten Halmahera Selatan, Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), yang menggandeng Lembaga Lentera Praditya Ganapatih (LPG) melaksanakan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur Desa/Kelurahan se Kabupaten Halmahera Selatan melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Studi Tiru dengan mengusung Tema “DIGITALISASI DESA UNTUK MEMPERCEPAT TERWUJUDNYA PROGRAM SATU DATA INDONESIA LINGKUP DESA/KELURAHAN SE KABUPATEN HALMAHERA SELATAN”.

Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan di kota bandung jawa barat, tepatnya di Hotel Aston Tropicana Jl. Cihampelas No.125 – 127, Cipaganti, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40131 (23/07/2023).

Baca juga: Bimtek Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur Desa Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah

Dalam Kegiatan ini, dihadiri langsung oleh Bupati Kabupaten Halmahera Selatan, Bapak H. Usman Sidik, SH., MH, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Halmahera Selatan, Bapak Faris Hi Madan, Inspektorat Kabupaten Halamahera Selatan, Bapak  Asbur Somadayo dan Iswadi Ishak selaku Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kebupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara.

Sedangkan Pemateri maupun Narasumber dalam pelaksanaan kegiatan ini berasal dari Pemerintah Kabupaten Sumedang, yakni Tim Dinas Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik  (Diskominfosanditik) kabupaten Sumedangdan dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Diskominfosanditik Sumedang, Bapak Bambang Rianto.

Baca juga: Bimtek Profil Desa Dan Kelurahan (PRODESKEL) Kota Tidore Kepulauan Povinsi Maluku Utara

Selanjutnya, paparan Materi yang disampaikan sebagai berikut :

  1. PengenalanKonsepDigitalisasiAdministrasi PemerintahDesa, MembangunSistem InformasiDesa, Membuat website Desa.
  2. Penggunaan Teknologi Digital untuk Pemerintah Desa dan Pelatihan Pengelolaan Data
  3. Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial untuk Pemerintah Desa
  4. Aspek Hukum dan Keamanan dalam Digitalisasi AdministrasiPemerintahDesa

Kemudian kami dari pihak penyelenggara maupun Tim Management LENTERA PRADITYA GANAPATIH, mengucapkan terima kasih sebesar besarnya serta Apresiasi setinggi tingginya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara, yang telah memberikan Kepercayaan dan Amanah untuk Penyelenggaraan Kegiatan ini.

Baca juga: Terima Kasih Kepada Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara

Dan tak lupa kami memohon maaf, jika dalam pelaksanaan kegiatan ini, masih teradapat kekurangan dan kesalahan. Semoga hasil dari paparan ilmu yang diberikan oleh para narasumber, dapat di implementasikan sekembalinya di daerah masing-masing untuk kemajuan pembangunan, berintegritas, memiliki daya saing dan dapat mesejahterakan masyarakat desa pada umumnya.

Sekali lagi kami ucapkan Terima Kasih, …. Sukses dan Jaya Selalu untuk Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara.

You may also like...

error: Content is protected !!
× Apa yg dapat Kami Bantu?