Bimtek Table Manner: Tata Cara dan Etika Pelayanan Tamu dan Pimpinan pada Lingkup Kabupaten Morowali

Bimtek Table Manner: Tata Cara dan Etika Pelayanan Tamu dan Pimpinan pada Lingkup Kabupaten Morowali
Bimtek Table Manner: Tata Cara dan Etika Pelayanan Tamu dan Pimpinan pada Lingkup Kabupaten Morowali

“Terima Kasih kepada Kepada Staf dan Jajaran Bupati Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah yang telah mempercayakan penyelenggaraan Kegiatannya kepada LENTERA PRADITYA GANAPATIH”

Lentera Praditya Ganapatih – Kali ini LENTERA PRADITYA GANAPATIH menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Table Manner untuk Organisasi Perangkata Daerah (OPD) dari Staf dan jajaran kantor Bupati Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah.

Pengertian Table manner atau tata cara makan merupakan salah satu bentuk etiket pergaulan yang harus dimengerti dan dipahami oleh setiap individu yang ingin mengembangkan diri. Tata cara makan adalah aturan yang digunakan saat makan termasuk penggunaan alat makan yang tersedia.

Baca juga: Terima Kasih Kepada Kabag Umum Bupati Kabupaten Morowali beserta seluruh jajaran

Bimtek Table Manner bertujuan agar peserta dapat memahami arti table manner, ruang lingkup dan tujuan table manner (etika dalam perjamuan) serta pentingnya table manner dalam pergaulan secara luas, baik nasional maupun internasional.

Adapun Pelaksanaan dari Kegiatan ini, dilaksanakan pada hari Rabu sampai dengan Sabtu, Tanggal 26 – 29 Juli 2023 dan mengambil tempat di Hotel Tamarin di jalan KH. Wahid Hasyim No. 77 RT.1/RW.4, Gondangdia, Jakarta. Sedanhgkan tema yang di usung untuk kegiatan kali ini adalah, “Tata Cara dan Etika Pelayanan Tamu dan Pimpinan pada Lingkup Kabupaten Morowali”.

Baca juga: Terima Kasih Kepada Ketua dan Anggota TP. PKK  Sombori Kepulauan, Menui Kepulauan dan Bungku Pesisir Kabupaten Morowali

Dalam Bimbingan Teknis kali ini, Narasumber memberikan penyampaian Materi diantaranya adalah :

Jenis Jamuan

Paparan ini  menguraikan tentang jenis-jenis jamuan yang secara umum dilakukan di Indonesia dan di berbagai negara.

Perencanaan Jamuan

Menguraikan tentang perencanaan jamuan yang berisi, etika menerima undangan, pakaian, persiapan tempat jamuan, pengaturan tempat duduk, penataan meja jamuan beserta penataan meja dan taplak, penataan peralatan makanan dan pengaturan menu makanan serta petugas penyaji makanan (pramusaji).

Etika Dalam Jamuan

Berisi tentang cara duduk, serbet, menggunakan alat makan, cara makan, menyajikan minuman berakohol, menyajikan makanan, tata karma selama makan, etika berbicara saat makan dan etika berpakaian (dress code) serta etika dalam makan secara buffet.

Baca juga: Peningkatan Kapasitas TP PKK Wita Ponda dan Bumi Raya Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah

Pelaksanaan Jamuan

Diuraikan mengenai menghadiri jamuan, menerima tamu, memasuki ruang makan, toast (bersulang), meninggalkan ruang makan untuk minum the dan kopi, berpamitan dan ucapan terima kasih.

Demikkian ringkasan materi yang disampaikan oleh narasumber yang di ikuti dengan praktek langsung oleh para peserta.

Kami dari Management Lembaga Lentera Praditya Ganapatih, sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi setinggi tingginya kepada para peserta Bimtek, khususnya kepada Jajaran dan Staf Kantor  Bupati Morowali yang telah memberikan kepercayaan besar kepada kami sebagai penyelenggara dari kegiatan ini.

Besar harapan kami, seluruh rangkaian paparan materi yang di ajarkan oleh para narasumber Profesional, dapat memberikan tambahan ilmu dan wawasan dalam mengembangkan kapasitas dan meningkatkan kemampuan mengelolah masakan setelah mereka kembali ke daerahnya masing-masing. Dan tatkala pentingnya adalah, Kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai disini, tetapi bisa menjadi kegiatan yang berkesinambungan.

Sekiranya, ada hal yang tidak berkenan, baik disengaja ataupun tidak, kami atas nama managemen memohon maaf sebesar besarnya atas khilaf tersebut. Dan jika ada Masukan dan koreksi terhadap layanan jasa dari Lembaga kami, kami dapat menjadikannya sebagai bahan evaluasi untuk menjadi lebih baik kedepannya.

You may also like...

error: Content is protected !!
× Apa yg dapat Kami Bantu?